Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Institusi Pendidikan di Indonesia melalui Platform E-Learning Berbasis Cloud Computing
Kata Kunci:
pembelajaran jarak jauh, cloud computing, e-learning, teknologi pendidikan, interaktivitas.Abstrak
Penelitian ini mengkaji penggunaan platform e-learning berbasis cloud dalam mendukung pembelajaran jarak jauh yang lebih efektif, efisien, dan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi ini memberikan berbagai manfaat, termasuk fleksibilitas akses, peningkatan kolaborasi antara siswa dan pendidik, efisiensi dalam pengelolaan data pembelajaran, serta pengalaman belajar yang lebih personal. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses internet dan rendahnya literasi digital menjadi hambatan utama yang perlu diatasi. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, penelitian ini menyoroti potensi cloud computing dalam memperluas akses pendidikan serta mendukung evaluasi pembelajaran secara real-time. Rekomendasi yang diberikan mencakup peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan literasi digital, pengembangan fitur inovatif, dan evaluasi berkala terhadap efektivitas platform. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi institusi pendidikan, pemerintah, dan penyedia teknologi untuk memaksimalkan penggunaan teknologi cloud computing dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga menciptakan pendidikan yang lebih adaptif di era digital.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BATIRSI - Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
LICENCE TERM
Diterbitkan Oleh: LPPM STMIK YMI TEGAL p-ISSN: 2502-3691 (print), e-ISSN 2502-4361 (online)
Jurnal Ilmu Komputasi STMIK Tegal: Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi (BATIRSI) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.