Implementasi Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Rekomendasi Ekstrakurikuler Berdasarkan Minat Siswa: Studi Kasus Pada SDN Pondok Betung 01

Penulis

  • Ahmad Jamalludin Universitas Pamulang
  • Dede Sahrul Bahri Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Forward Chaining, Minat Siswa, Rekomendasi Ekstrakurikuler, SDN Pondok Betung 01, Sistem Pakar

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler memiliki peranan penting dalam mendukung pengembangan minat, bakat, dan keterampilan sosial siswa. Di SDN Pondok Betung 01, kegiatan ini menjadi bagian dari proses pendidikan non-formal. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan potensi dan minat mereka. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap diri sendiri serta tidak adanya sistem pendukung yang mampu memberikan rekomendasi secara tepat. Akibatnya, proses pemilihan menjadi asumsi pribadi dan tidak terarah, sehingga berdampak pada rendahnya partisipasi dan konsistensi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pakar berbasis web menggunakan metode Forward Chaining untuk merekomendasikan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat siswa. Sistem ini bekerja dengan menelusuri information input berupa minat dan preferensi siswa untuk dicocokkan dengan aturan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar ini mampu membantu siswa dalam memilih ekstrakurikuler secara lebih objektif dan terarah. Selain itu, sistem juga memberikan kemudahan bagi master dan pihak sekolah dalam memberikan arahan berdasarkan information yang substantial dan sistematis.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Implementasi Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Rekomendasi Ekstrakurikuler Berdasarkan Minat Siswa: Studi Kasus Pada SDN Pondok Betung 01. (2025). BATIRSI - Bahari Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1), 27-31. https://e-journal.stmik-tegal.ac.id/index.php/batirsi/article/view/97