Sistem Informasi Presensi Pegawai Realtime Pada Toko AMD Sports Tegal Menggunakan Metode User Experience (UX) Lifecycle

Authors

  • Akhmad Syahidi Program Studi Sistem Informasi STMIK YMI TEGAL
  • Zaenul Arif Program Studi Teknik Informatika STMIK YMI TEGAL
  • Syefudin Program Studi Teknik Informatika STMIK YMI TEGAL

Keywords:

Presensi, Rapid Application Development, User Experience Lifecycle, Fingerprint

Abstract

Pengembangan sistem presensi yang lebih modern dengan memperhatikan sisi kejujuran dan realtime memang perlu diadakan sebagai pengganti presensi manual dengan menggunakan kertas. Penggunaan fingerprint untuk presensi pegawai menjadi solusi yang tepat dan yang lebih baik, fingerprint juga juga telah terbukti cukup aman dan nyaman serta bersifat realtime karena menggunakan sidik jari manusia yang tidak dapat dimanipulasi. Melalui penggunaan fingerprint yang bersifat realtime dan juga digunakannya metode Rapid Application Developmet (RAD) dalam pembuatan aplikasi presensi pegawai. Rapid Application Developmet (RAD) merupakan sistem dengan pendekatan berorientasi objek (Object Oriented Approach) yang dirancang untuk menghasilkan sistem yang berkualitas tinggi dengan waktu yang relatif cepat serta biaya yang cukup rendah. Metode lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode User Experience Lifecycle yaitu metode yang diusulkan oleh Hartson dan Pyla untuk mengembangkan user experience dengan menitikberatkan pada aspek usability dan pengalaman pengguna. Metode ini dibagi menjadi empat tahap yaitu analisis, desain, prototype, dan evaluasi. Dengan sistem presensi pegawai menggunakan model Rapid Application Development (RAD) menggunakan metode pengembangan web User Experience (UX) Lifecycle diharapkan dapat memberikan pengalam berkualias pada pengguna dalam proses presensi pegawai dan membantu pegawai dalam mengetahui status presensi pada jam kerja dan jam pulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-01-29

How to Cite

Sistem Informasi Presensi Pegawai Realtime Pada Toko AMD Sports Tegal Menggunakan Metode User Experience (UX) Lifecycle. (2023). BATIRSI - Bahari Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2), 14-19. https://e-journal.stmik-tegal.ac.id/index.php/batirsi/article/view/40