Dampak Kecerdasan Buatan Pada Pendidikan dan Pembelajaran Mahasiswa

Authors

  • Syahrul Izzazi STMIK YMI Tegal

Keywords:

Dampak Kecerdasan Buatan, Systematic Literature Review, Mahasiswa, Pendidikan

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi inovasi utama dalam  transformasi  pendidikan,  khususnya  di  bidang pembelajaran mahasiswa.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah untuk  menyelidiki  dampak  AI  pada  proses  belajar  mengajar mahasiswa dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merangkum studi yang relevan dari berbagai sumber  resmi.  Proses  ini  mencakup  pemilihan  artikel berdasarkan  kriteria  inklusi dan  ekslusi,  analisis  data,  dan interpretasi hasil secara sistematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui teknologi seperti pembelajaran adaptif, chatbots, dan  analisi  data  pendidikan,  AI  memberikan  dampak  positif dalam  mempersonalisasi pembelajaran,  menyederhanakan proses  pembelajaran,  dan  meningkatkan  pengembangan keterampilan  mahasiswa.  Namun, studi  ini  juga  menyoroti tantangan  penting,  termasuk  kesenjangan  dalam  akses kesenjangan  dalam  akses  terhadap  teknologi, potensi dehumanisasi  dalam  pendidikan,  isu  etika,  dan  perkindungan data, serta perlunya kebijakan strategis dan pendekatan holistic dalam penrapan AI guna memaksimalkan manfaatnya sekaligus mengatasi tantangan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-31

How to Cite

Dampak Kecerdasan Buatan Pada Pendidikan dan Pembelajaran Mahasiswa. (2025). BATIRSI - Bahari Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1), 13-15. https://e-journal.stmik-tegal.ac.id/index.php/batirsi/article/view/87