Dampak Kecerdasan Buatan Pada Pendidikan dan Pembelajaran Mahasiswa
Keywords:
Dampak Kecerdasan Buatan, Systematic Literature Review, Mahasiswa, PendidikanAbstract
Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi inovasi utama dalam transformasi pendidikan, khususnya di bidang pembelajaran mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak AI pada proses belajar mengajar mahasiswa dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merangkum studi yang relevan dari berbagai sumber resmi. Proses ini mencakup pemilihan artikel berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi, analisis data, dan interpretasi hasil secara sistematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui teknologi seperti pembelajaran adaptif, chatbots, dan analisi data pendidikan, AI memberikan dampak positif dalam mempersonalisasi pembelajaran, menyederhanakan proses pembelajaran, dan meningkatkan pengembangan keterampilan mahasiswa. Namun, studi ini juga menyoroti tantangan penting, termasuk kesenjangan dalam akses kesenjangan dalam akses terhadap teknologi, potensi dehumanisasi dalam pendidikan, isu etika, dan perkindungan data, serta perlunya kebijakan strategis dan pendekatan holistic dalam penrapan AI guna memaksimalkan manfaatnya sekaligus mengatasi tantangan yang ada.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 BATIRSI - Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
LICENCE TERM
Diterbitkan Oleh: LPPM STMIK YMI TEGAL p-ISSN: 2502-3691 (print), e-ISSN 2502-4361 (online)
Jurnal Ilmu Komputasi STMIK Tegal: Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi (BATIRSI) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.