Transformasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Melalui Media Interaktif Adobe Animate

Authors

  • Kapti Kapti STMIK Bina Patria
  • Riska Dwi Handayani STMIK Bina Patria
  • Dwi Astuti STMIK Bina Patria
  • Wahyu Priyoatmoko STMIK Bina Patria
  • Fatkhurrochman STMIK Bina Patria

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Animate, Sistem Peredaran Darah Manusia, MDLC, UML

Abstract

Pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia di SDN 2 Gandulan kelas V masih menghadapi kendala, terutama karena materi yang abstrak dan metode  pembelajaran  yang kurang variatif, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan konseptualisasi,  perancangan,  pengumpulan  materi,  perakitan, pengujian, dan distribusi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara,  dan  dokumentasi.  Sistem  dirancang  menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang meliputi use case, class, activity, dan sequence diagram. Media pembelajaran diuji melalui pre-test dan post-test pada 20 siswa kelas V. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai  pre-test  sebesar  68,4%  menjadi  82,6% pada  post-test, meningkat sebesar 20,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa media  pembelajaran  interaktif  berbasis  Adobe Animate  efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sistem peredaran darah manusia. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-31

How to Cite

Transformasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Melalui Media Interaktif Adobe Animate. (2025). BATIRSI - Bahari Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1), 23-26. https://e-journal.stmik-tegal.ac.id/index.php/batirsi/article/view/96