Transformasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Melalui Media Interaktif Adobe Animate

Penulis

  • Kapti Kapti STMIK Bina Patria
  • Riska Dwi Handayani STMIK Bina Patria
  • Dwi Astuti STMIK Bina Patria
  • Wahyu Priyoatmoko STMIK Bina Patria
  • Fatkhurrochman STMIK Bina Patria

Kata Kunci:

Media pembelajaran interaktif, Adobe Animate, sistem peredaran darah manusia, MDLC, UML.

Abstrak

Pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia di SDN 2 Gandulan kelas V masih menghadapi kendala, terutama karena materi yang abstrak dan metode pembelajaran yang kurang variatif, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan konseptualisasi, perancangan, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sistem dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang meliputi use case, class, activity, dan sequence diagram. Media pembelajaran diuji melalui pre-test dan post-test pada 20 siswa kelas V. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 68,4% menjadi 82,6% pada post-test, meningkat sebesar 20,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sistem peredaran darah manusia.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Transformasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Melalui Media Interaktif Adobe Animate. (2025). BATIRSI - Bahari Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(1), 23-26. https://e-journal.stmik-tegal.ac.id/index.php/batirsi/article/view/96