Transformasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Melalui Media Interaktif Adobe Animate
Kata Kunci:
Media pembelajaran interaktif, Adobe Animate, sistem peredaran darah manusia, MDLC, UML.Abstrak
Pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia di SDN 2 Gandulan kelas V masih menghadapi kendala, terutama karena materi yang abstrak dan metode pembelajaran yang kurang variatif, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan konseptualisasi, perancangan, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sistem dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang meliputi use case, class, activity, dan sequence diagram. Media pembelajaran diuji melalui pre-test dan post-test pada 20 siswa kelas V. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 68,4% menjadi 82,6% pada post-test, meningkat sebesar 20,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sistem peredaran darah manusia.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BATIRSI - Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
LICENCE TERM
Diterbitkan Oleh: LPPM STMIK YMI TEGAL p-ISSN: 2502-3691 (print), e-ISSN 2502-4361 (online)
Jurnal Ilmu Komputasi STMIK Tegal: Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi (BATIRSI) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.