Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMK Negeri 1 Dukuhturi
Kata Kunci:
Android, Research And Development, Aplikasi Java, Unified Modeling Language, Use Case DiagramAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Seni Budaya dengan Aplikasi Java berbasis Android. Sistem Android dengan berbagai macam kelebihannya yang saat ini telah mencuri perhatian banyak pihak terutama para kalangan akademik, telah membuka cakrawala baru dalam proses belajar mengajar di bidang pendidikan dan merupakan cara alternatif yang cocok diterapkan dalam rangka pemahaman terhadap suatu materi ajar di abad komunikasi masal saat ini. Android merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan dan pelatihan secara on-line. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model Java dari tahapan Analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Pada laporan Skripsi ini penulis membuat solusi alternatif dari masalah yang ada, yaitu berupa Sistem Android pada Mata Pelajaran Seni Budaya yang memiliki kemampuan memberikan sistem untuk membuat suatu aplikasi yang digunakan sebagai model pembelajaran berbasis komputer dan media pembelajaran menggunakan media elektronik berbasis Android. Analisa yang digunakan dalam Sistem Android ini berbasis object oriented (berorientasi objek) dengan menggunakan Unifield Moderling Language (UML) sebagai bahasa pemodelan, didalamnya terdapat Analisa terhadap sistem yang sedang berjalan dan analisa sistem yang akan dibuat berupa : Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukan nilai positif. Dengan demikian media pembelajaran Seni Budaya dengan aplikasi Java berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Seni Budaya. Dengan adanya Sistem Android ini, dapat digunakan sebagai dasar pembuatan aplikasi yang nantinya akan digunakan sebagai sarana pembelajaran yang berkualitas dan hasil belajar diharapkan akan semakin baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 BATIRSI - Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
LICENCE TERM
Diterbitkan Oleh: LPPM STMIK YMI TEGAL p-ISSN: 2502-3691 (print), e-ISSN 2502-4361 (online)
Jurnal Ilmu Komputasi STMIK Tegal: Bahari Teknik Informatika dan Sistem Informasi (BATIRSI) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.